Minggu, 06 Agustus 2017

Sabda Bina Diri - Minggu, 6 Agustus 2017 (Hosea 1:1-9)


YANG BERSELINGKUH YANG TAK DIAMPUNI
Oleh: Reinhard Samah Kansil

Apabila manusia gagal mencintai Tuhan, maka IA tidak.

Bacaan ini merupakan sebagian biografi Hosea. Nas ini menggambarkan tentang perselingkuhan Israel (ay. 2). Perintah untuk mengawini perempuan sundal  dan tindakan Hosea mengawini Gomer, serta kelahiran anak-anaknya (ay. 3-6, 8-9) merupakan gambaran yang mengungkapkan sikap dan rencana Tuhan terhadap umat-Nya. Perempuan sundal merupakan gambaran tentang sikap Israel yang telah menyimpang dari Tuhan. Kata ‘sundal’ menggambarkan penyimpangan yang meliputi seluruh aspek kehidupan.
Itulah sebabnya Hosea juga mengungkapkan hal itu dengan ungkapan yang lebih signifikan lagi, yaitu bahwa roh perzinahan telah menyesatkan Israel Nama anak- anak Hosea seperti Yizreel, Lo-Ruhama: tidak dikasihi, dan Lo-Ami" bukan umat-Ku, merupakan nama-nama yang menggambarkan penolakan Tuhan terhadap umat Israel, khususnya Israel Utara. Bahkan Tuhan tak akan mengampuni mereka. Terjemahan yang lebih pas dari kalimat, ‘tidak mengampuni lagi’ adalah ‘seluruh kasih-Ku akan kuambil dari mereka’.

Sebuah kisah tentang cinta yang tak berbalas.

Cinta tanpa pamrih yang diberikan Hosea kepada Gomer yang tidak setia. Gomer berulang kali menyeleweng sehingga menghancurkan hati Hosea. Namun, Hosea tidak pernah berhenti mencintainya.

Lalu Gomer dibuang ke tempat yang sangat gelap. Kita dapat membayangkan keadaannya yang letih, perasaan tak berguna, berpenyakitan, dibebani oleh kesedihan, dan tidak punya apa-apa. Yang tersisa hanyalah cinta Hosea.

Hubungan antara Hosea dan Gomer menggambarkan hubungan antara Tuhan dan bangsa Israel. Meskipun Israel tidak setia dan menderita karenanya, Tuhan tetap mengejarnya dan berbicara kepadanya dengan lembut.

Apabila seorang pelayan Tuhan mendalami kisah cinta tak berbalas ini, saya membayangkan ia akan berkata, "Apakah ini yang disebut cinta yang tidak rasional?" Dan pelayan Tuhan lain akan menjawab, "Saya tahu! Hosea mengasihi Gomer seperti Tuhan mengasihi kita!"
Inilah Tuhannya Hosea. Sambutlah kasih-Nya dan ketahuilah bahwa Dia bukanlah Tuhan yang murka dan menakutkan. Seluruh umat manusia pantas dihukum karena dosa-dosanya, tetapi karena kasih Tuhan, keselamatan itu telah datang ke dunia melalui Yesus Kristus. Karena itu hiduplah dalam kasih-Nya.

PERBAHARUILAH KASIH KITA KEPADA TUHAN DENGAN MENGINGAT KASIH TUHAN KEPADA KITA.

#Salam_WOW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar