Kamis, 03 Maret 2016

KHOTBAH WOW (5)

CATATAN (5)

IQ atau kecerdasan Intelektual Adalah kemampuan PENGKHOTBAH menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar. Kecerdasan Intelektual erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh PENGKHOTBAH. Tapi ingat, IQ tidak berhubungan dengan tingkat pendidikan.

Ciri-Ciri Kecerdasan Intelektual:
1) Suka belajar dan mau melihat kekurangan dirinya. Pengkhotbah jenis ini akan selalu merasa lapar akan pengetahuan dan haus pembinaan/pelatihan. Selalu merasa diri kurang dan akan melakukan pembelajaran pada kesempatan pertama.
2) Memilki sikap yang luwes. Pengkhotbah yang luwes artinya tidak kaku. Mau menyesuaikan dirinya sesuai dengan kondisi pelayanan dan tidak banyak menuntut.
3) Berani melakukan perubahan secara total untuk perbaikan. Sikap seperti ini menunjukkan diri si pengkhotbah yang tidak takut akan perubahan dan mau menyesuaikan diri dengan perubahan itu.
4) Tidak mau menyalahkan orang lain maupun keadaan. Ciri ini akan selalu melihat lingkungan dari kacamata lingkungan bukan dari kacamatanya sendiri. Ciri pengkhotbah seperti ini tidak akan membenarkan diri dan menyalahkan orang lain.
5) Memilki sikap yang tulus bukan kelicikan. Pengkhotbah jenis ini tidak mengambil keuntungan dari situasi yang tidak baik. Ia akan tulus menyelesaikan permasalahan dan tidak pelit berbagi pengetahuan dengan orang lain.
6) Memiliki rasa tanggung jawab. Ciri pengkhtbah ini yang sangat sedikit ditemui di tengah jemaat. Pengkhotbah jenis ini akan berani mengakui kekurangan khotbahnya dan memperbaikinya. Tidak lari dari masalah tapi menyelesaikan masalah tersebut.
7) Menerima kritik saran dari luar. Pengkhotbah jenis ini akan terbuka dari kritik. Menerima saran dan tidak keras kepala merasa benar sendiri.
8) Berjiwa optimis dan tidak mudah putus asa. Jenis pengkhotbah ini tidak pernah merasa pesimis. Ia akan mampu melakukan khotbah dengan baik karena ia percaya akan dirinya sendiri. Tidak mengenal istilah putus asa.


... Bersambung

‪#‎Salam_WOW

Drs. Reinhard Samah, M.Th
Founder & Master Trainer Next Level Training
0818 0888 2611

pt. Amarilis Kriya Cipta
Jl. Madrasah Raya No 5d, Cilandak Timur, Pasar Minggu,
JakSel Tel/Fax: (021) 7883 8721
email: reinhardsamahkansil@gmail.com
WA: 0819 3255 1765

Tidak ada komentar:

Posting Komentar