Kamis, 03 Maret 2016

KHOTBAH WOW (2)


CATATAN (2)

Khotbah Ekspositori/Eksposisi adalah “pemasakinian pernyataan pokok teks Alkitab” yang diperoleh dari penafsiran yang menyeluruh serta dikomunikasikan secara efektif untuk menasihati pikiran, menginsafkan hati, dan mempengaruhi perilaku menuju kesalehan.

Berdasarkan Etimologi:
Kata ekspositori mempunyai akar kata ‘expose’ yang berasal dari kata’exposen’(Inggris), ‘exposer’ (Perancis), atau ‘exponere’ (Latin). Dalam bahasa Latin yang lebih modern (180- 600 M.), pengertian dari ‘exponere’ berarti “menafsirkan atau menjelaskan.” Dalam khotbah ekspositori faktor yang dominan adalah penjelasan.


Berdasarkan Morfologi:
Pendekatan ini lebih menekankan definisi khotbah ekspositori berdasarkan bentuk khotbahnya. khotbah ekspositori adalah khotbah yang berpusat pada teks dan setiap poin dan sub-poin dalam kerangkanya diperoleh dari teks yang sedang dikhotbahkan. Khotbah berjalan dari kata ke kata dan ayat ke ayat dalam Nas.

Berdasarkan Substansi:
Substansi dalam khotbah ekpositori adalah bahwa berita khotbah harus bersumber dari amanat teks Alkitab sebagaimana yang dimaksudkan oleh penulisnya. Bila pengkhotbah menafsirkannya sedemikian rupa sehingga ia dapat menemukan makna yang sesungguhnya sebagaimana yang dimaksud oleh penulisnya dan mengaplikasikannya dalam kehidupan jemaat masa kini, maka khotbah tersebut dapat digolongkan sebagai khotbah ekspositori.

... Bersambung


Salam 'WOW'
Drs. Reinhard Samah, M.Th
Founder & Master Trainer Next Level Training
0818 0888 2611

pt. Amarilis Kriya Cipta
Jl. Madrasah Raya No 5d, Cilandak Timur, Pasar Minggu,
JakSel Tel/Fax: (021) 7883 8721
email: reinhardsamahkansil@gmail.com
WA: 0819 3255 1765

Tidak ada komentar:

Posting Komentar