Kamis, 25 Juni 2015

Memahami Fungsi ‘PENDAHULUAN’ Dalam Sebuah Khotbah


 

Reinhard Samah Kansil, M.Th

0818 0888 2611

 

Memahami Fungsi ‘PENDAHULUAN’ Dalam Sebuah Khotbah
 
Membuka KHOTBAH dengan baik merupakan langkah awal kesuksesan sebuah KHOTBAH.

Bahwa orang cenderung mengingat lebih baik apa-apa yang paling awal mereka lihat dan dengarkan. Dalam dunia Psikologi dikenal dengan istilah efek awalan (Primacy Effect).
Pembukaan yang baik akan menarik perhatian JEMAAT. Apa yang Anda sampaikan di awal ketika membuka KHOTBAH akan menjadi informasi yang paling diingat. Karena itu kekuatan KHOTBAH salah satunya terletak pada pembukaan yang baik dan menarik.

Tidak hanya itu, keberhasilan membuka KHOTBAH akan memudahkan Anda untuk melanjutkan sebuah KHOTBAH.
Anda akan diajak memahami fungsi pendahuluan dalam KHOTBAH dan teknik jitu untuk membuka KHOTBAH dengan baik dan menarik perhatian JEMAAT.


Tujuan PENDAHULUAN Dalam Sebuah Khotbah:
1) Agar Jemaat memahami tujuan KHOTBAH Anda.
JEMAAT datang mendengarkan KHOTBAH untuk suatu tujuan. Oleh karena itu, pembukaan berfungsi untuk menjelaskan dengan cepat apa tujuan KHOTBAHAnda. Jika JEMAAT sudah tahu tujuan KHOTBAH Anda, mereka akan lebih tertarik untuk mengikutinya sampai selesai. 

2) Mendapat Gambaran Umum atas Apa yang Disampaikan.
Pembukaan KHOTBAH mirip dengan opening sebuah film. Ketika Anda menonton film, 5 menit pertama sangat krusial karena akan menentukan apakah Anda akan menonton film tersebut sampai selesai atau segera meninggalkannya. Seperti sebuah film, pembukaan KHOTBAH berfungsi untuk memberikan gambaran umum kepada audiens apa yang akan mereka dengarkan dalam beberapa waktu ke depan. 

3) Menciptakan Motivasi dan Rasa Ingin Tahu JEMAAT
JEMAAT menghadiri sebuah KHOTBAH dengan motivasi awal yang berbeda-beda. Ada yang memang ingin mendapatkan informasi baru dari Anda. Namun ada pula yang sekedar datang karena MEMANG JADWAL. Oleh karena itu, inilah kesempatan Anda untuk menciptakan motivasi yang sama bagi JEMAAT agar mereka merasa perlu mendengarkan KHOTBAH Anda sampai selesai. Pembukaan yang baik juga akan menciptakan rasa ingin tahu jemaat sehingga mereka akan terus mendengarkan Anda.

Pembukaan Yang Kuat, JEMAAT Akan Ingat.
 
Sekarang Anda telah memahami betapa penting pembukaan yang baik dan menarik dalam sebuah KHOTBAH. Persiapkanlah pembukaan Anda. Latih terus menerus sehingga Anda lancar menyampaikannya.

Dengan demikian, sejak menit pertama tampil, Anda akan tampil memukau dan meyakinkan. JEMAAT pun tertarik untuk mengikuti KHOTBAH Anda sampai selesai karena sejak awal mereka sudah terpesona dengan pembukaan KHOTBAH Anda.
 
 
 
Salam ‘WOW"
Drs. Reinhard Samah Kansil, M.Th
Founder & Master Trainer Next Level Training

pt. Amarilis Kriya Cipta
Jl. Madrasah Raya No 5d, Cilandak Timur, Pasar Minggu,
JakSel Tel/Fax: (021) 7883 8721
email: traininginteraktif@ymail.com,
Hotline: 0819 3255 1765









Tidak ada komentar:

Posting Komentar