Kamis, 25 Juni 2015

7 Ciri PENGKHOTBAH yang Mempunyai Kecerdasan Spiritual Tinggi



Reinhard Samah Kansil, M.Th
0818 0888 2611

Kecerdasan spiritual (SQ) sering dianggap sebagai kecerdasan tertinggi dari kecerdasan lain seperti kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ). Memiliki kecerdasan spiritual (SQ) berarti Anda berusaha menjadi Pengkhotbahdengan tingkat yang lebih baik. Hal ini dikarenakan orang yang memiliki kecerdasan spiritual (SQ) adalah orang yang telah mampu mengerti makna kehidupan.

Kecerdasan spiritual (SQ) sendiri adalah kecerdasan jiwa atau batin untuk tumbuh menjadi Pengkhotbah seutuhnya dengan selalu  berpikir positif dalam meyikapi setiap peristiwa yang dialaminya. Kecerdasan spiritual (SQ) akan membawa Anda menjadi Pengkhotbah yang bijaksana sehingga mengerti makna kehidupan. Kecerdasan spiritual (SQ) memiliki ciri-ciri umum yang membedakannya dengan kecerdasan lain. Ciri-ciri itu akan dijelaskan di bawah ini.
Tujuh Ciri:
1. Kemampuan untuk berpikir diluar materi fisik dan diluar panca indra
PENGKHOTBAH yang memiliki kecerdasan spiritual (SQ) memiliki kemampuan untuk berpikir tentang segala sesuatu diluar materi fisik dan panca indra manusia. Kecerdasan spiritual (SQ) mampu berfikir dan percaya bahwa ada kekuatan lain yang melebihi kekuatan apapun didunia ini. Kecerdasan spiritual (SQ) meyakini bahwa segala sesuatu yang nampak atau materi bukanlah segala-galanya. Namun ada sebuah kekuatan yang menggerakkan manusia untuk menjadi orang yang lebih baik lagi. Ada kekuatan yang menjaga dan memberikan keseimbangan pada alam.

2. Mampu mengungkapkan & menemukan makna dari dari suatu hal
Kecerdasan spiritual (SQ) mengajarkan pada PENGKHOTBAH bagaimana harus bersikap dan melihat semua peristiwa dalam kehidupan Anda dari perspektif yang luas dan dari sudut pandang yang positif sehingga Anda mampu menemukan makna dibalik setiap peristiwa yang terjadi dalam kehidupan Anda. Makna hidup yang bisa Anda temukan adalah terbebasnya rohani Anda dari unsur duniawi seperti godaan nafsu, keserakahan, kesombongan, rasa benci, dendam dll.

3. Mampu mengabdi pada sesama dan membuat dunia mejadi lebih baik
Kecerdasan spiritual (SQ) membuat PENGKHOTBAH tumbuh menjadi manusia seutuhnya dan mampu meihat makna dari hubungan manusia dengan sesama dan alam semesta. Hal ini menjadikan Anda  mampu menjadi orang yang memiliki rasa kepedulian, simpati, empati, saling berbagi, dan menyatu dengan sesama maupun alam semesta. Dengan memiliki sifat yang seperti ini secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap perkembangan diri Anda sendiri, lingkungan Anda maupun alam semesta sehingga membuat diri Anda, lingkungan Anda dan alam semseta menjadi lebih baik.

 4. Memiliki Prinsip pijakan pada Nilai-nilai kebenaran universal
Memiliki prinsip dan pegangan hidup yang jelas dan kuat yang berpijak pada kebenaran universal, baik berupa kasih sayang, keadilan, kejujuran, toleransi, integritas dan lain-lain. Dengan prinsip hidup yang kuat, seseorang menjadi betul-betul merdeka dan tidak diperbudak oleh siapapun.

5. Mampu menghadapi sekaligus memanfaatkan penderitaan
Memiliki kemampuan untuk menghadapi dan memanfaatkan penderitaan, dan memiliki kemampuan untuk menghadapi dan melampaui rasa sakit. Semua itu dihadapi dengan senyuman dan keteguhan hati, karena itu semua adalah bagian dari proses menuju kematangan kepribadian secara umum, baik moral dan spiritual.

6. Memiliki motivasi yang luhur
Mampu memaknai PELAYANAN dan aktivitasnya dalam kerangka dan bingkai yang lebih luas dan bermakna. Apapun profesinya, apakah presiden, menteri, dokter, dosen, bahkan nelayan, petani, buruh, atau tukang reparasi mobil, sepeda motor hingga tukang tambal ban, tukang sapu dan lain-lain, ia akan memaknai semua aktifitas yang dijalani dengan makna yang luas dan dalam. Dengan motivasi yang luhur dan suci.

7. Memiliki kesadaran diri (self-awareness) yang tinggi
Apapun yang dilakukan, dilakukan dengan penuh kesadaran melalui proses kontemplasi-perenungan. Ditambah sikap dan cara hidup fleksibel, memiliki kemampuan refleksi yang tinggi, memiliki kesadaran diri & lingkungan yang tinggi, memiliki kemampuan berpikir holistik (menyeluruh), berani melawan arus dan tradisi, mempunyai prinsip sesedikit mungkin menimbulkan kerusakan.

Salam ‘WOW"
Drs. Reinhard Samah Kansil, M.Th
Founder & Master Trainer Next Level Training

pt. Amarilis Kriya Cipta
Jl. Madrasah Raya No 5d, Cilandak Timur, Pasar Minggu,
JakSel Tel/Fax: (021) 7883 8721
email: traininginteraktif@ymail.com,
Hotline: 0819 3255 1765



 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar