Sabtu, 03 Maret 2018

KHOTBAH

Makna Kata


Kata Khotbah adalah kata serapan dari bahasa Arab. Dalam bahasa Arab berbunyi Khata’bah. Makna kata ini adalah: Bicara sendiri; Pemberitaan Firman Tuhan; Penyampaian Kabar Baik; Berjumpa dengan Tuhan melalui Firmannya.

Ada frasa “Khotbah di Bukit”, pada Matius 5-7 yang baik untuk kita periksa bersama. Istilah yang dipakai dalam bahasa Inggris dan Belanda. Inggris: “Sermon” (on the Mount), dari bahasa Latin: “sermones” yang maknanya adalah:  Khotbah, pidato, diskusi, pembahasan. Dalam hal ini Yesus di ayat ini mengadakan “pembahasan”, yang dapat disamakan dengan “mengajar”.

Belanda (berg)-”rede” = pidato, juga dari “sermones”. Yang kita sebut “khotbah”, diterjemahkan dari bahasa Belanda “prediking” (atau “preek”), yang diambil dari bahasa Latin “Praedicare” = “memberitakan kebenaran agama secara terbuka”.. dan “praedicatio” = memaklumkan, memberitakan, menyiarkan. Maka dari itu, khotbah Yesus di Bukit itu bukan “praedicare” atau “praedicatio”, melainkan “sermones” yang bermakna pembahasan, pengajaran.

Dengan demikian Khotbah adalah penyampaian dan atau pemberitaan kabar baik/Firman Tuhan secara terbuka sehingga orang lain mengalami perjumpaan dengan Tuhan melalui teks-teks Alkitab.





Daftarkan diri saudara pada Pelatihan Khotbah Yang saya ampu: 

#Angkatan 29 di GPIB Agape Cibubur, Sabtu 10 Maret 2018
#Angkatan 30 di Jatibening Estate, Sabtu, 3 dan 24 Maret 2018

Kontribusi 500 rb.
Bagi 10 pendaftar pertama mendapat potongan 50%
Fasilitas:1) Makan Siang; 2) Coffe Break (2x); 3) Sertifikat, 4) Training kit;
5) Reward.

Info & Pendaftaran:
0818 0888 2611 – 0819 3255 1765 (WA/SMS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar