Jumat, 08 Juli 2016

Seri Organisasi (9) PEMIMPIN SEBAGAI MOTIVATOR YANG MENGINSPIRASI



Seri Organisasi (9)
PEMIMPIN SEBAGAI MOTIVATOR 
YANG MENGINSPIRASI

Pemimpin adalah orang yang menentukan visi masa depan dan mengatur strategi untuk mencapainya; mereka memotivasi dan menginspirasi orang lain untuk tetap berada di jalur yang benar untuk meraihnya. Sementara, motivasi  adalah keinginan yang kuat untuk mendayagunakan upaya mencapaian tujuan organisasi dengan kualitas usaha yang tinggi.

Menyangkut motivasi, ada baiknya kita simak Tiga ‘C’, dibawah ini:

Collaboration: Orang-orang merasa lebih termotivasi untuk bekerja keras ketika mereka terinspirasi untuk bekerjasama, apabila mereka memiliki kesempatan untuk membantu orang lain mencapai kesuksesan.

Content: Orang-orang merasa lebih termotivasi untuk bekerja keras ketika mereka memahami bagaimana pekerjaan mereka dapat menambah nilai bagi organisasi

Choice: Orang-orang merasa lebih termotivasi untuk bekerja keras ketika mereka memiliki pilihan atau otonomi guna membuat keputusan mengenai pekerjaan mereka

Leader sebagai motivator yang menginspirasi:
1) Menginspirasi dengan contoh nyata:
a. Bersikaplah penuh semangat  atas tujuan dan sasaran hidup anda sendiri.  
b. Leader yang paling inspiratif adalah mereka yang juga sangat terinspirasi dan bersemangat dengan cita-cita hidup mereka.  
c. Membagi kegembiraan anda seringkali menjadi katalisator bagi yang lain untuk juga mencapai misi dan cita-cita mereka.
d. Berbagilah dengan cerita dari pengalaman anda sendiri.
e. Pemimpin acap menginspirasi anggotanya dengan cara membagi cerita mengenai kesalahan, kegagalan dan juga pelajaran hidup yang pernah mereka alami.


2) Menciptakan dan mengkomunikasikan sasaran yang jelas:
a. Pastikan bahwa anda telah menjelaskan mengenai sasaran team anda – sasaran yang telah diolah berdasar arah strategis organisasi.
b. Komunikasikan sasaran ini kepada anggota anda dan dengarkan feedback mereka dengan seksama.
c. Identifikasi bakat dan kemampuan yang unik dari pengikut anda dan pastikan bahwa mereka memahami bagaimana mereka dapat berkontribusi terhadap pencapaian sasaran tim. d. Dorong dan bantulah setiap anggota tim untuk mampu mendayagunakan kemampuan terbaiknya.
e. Jagalah agar visi dan sasaran tim tetap menjadi yang terdepan dan terutama.  
f. Ketika terlihat ada sesuatu yang keluar dari jalur dan orang-orang kehilangan fokus, ingatkan team tentang apa yang sedang mereka kejar dan ingin diraih.

Selamat mempraktekkannya.


#Salam_WOW


Drs. Reinhard Samah Kansil, M.Th
Founder & Master Trainer Next Level Training

email: traininginteraktif@ymail.com,
Hotline: 0818 0888 2611
WA: 0819 3255 1765


Tidak ada komentar:

Posting Komentar